Saturday, September 5, 2009

Gempa yang mengguncang Tasikmalaya apakah menyebabkan tsunami?


Gempa yang mengguncang Tasikmalaya Tidak Menyebabkan Tsunami

THURSDAY, 03 SEPTEMBER 2009 01:11 WIB

JAKARTA. Berkuatan gempa tektonik 7,3 SR yang melanda Kota Tasikmalaya (2 / 9) tidak menyebabkan gelombang tsunami, gempa bumi, yang berpusat di laut karena energi tidak cukup kuat untuk memicu tsunami.

Informasi BMKG, gempa bumi tektonik yang melanda Tasikmalaya berkekuatan 7,3 SR terjadi September 2, 2009 at 14:55:00 am, berpusat di laut pada koordinat 8:24 LS - 107,32 BT dikedalaman 30 km, terletak 142 kilometer barat daya Tasikmalaya. Setelah merekam beberapa gempa bumi berat terjadi gempa susulan dengan kekuatan rata-rata dari 5 SR.

Jumlah daya akibat gempa penujaman lempeng Indo-Australia dan lempeng Eurasia, hampir semua kota di Jawa Barat dan Jawa Tengah bagian. Di Jakarta, kekuatan gempa mencapai IV MMI (Modified Mercalli Intensity).

Bupati Tasikmalaya, Tatang Farhanul hakim memberitahu lokasi bencana kabupaten. Cigalontang, Desa Jayapura, saat ini terdapat 1.500 rumah dan pusat-pusat kesehatan yang rusak 1, 6 orang meninggal, 25 orang terluka dan sekitar 450 orang mengungsi. Data masih mengembangkan untuk informasi terbaru. Tentang potensi tsunami, "katanya, didasarkan pada kajian dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Risiko Geologi (TAB), potensi untuk menyebabkan gelombang tsunami tidak sama sekali, dia ditambahkan.

Gempa juga menyebabkan kerusakan transmisi listrik mengakibatkan kepunahan, tetapi setelah Bupati, PT PLN yakin malam ini akan dikembalikan. PLN melakukan sejumlah upaya untuk membakukan memasok listrik, terutama di wilayah Tasikmalaya.

Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono telah memerintahkan Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah dan Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal di lokasi bencana untuk melakukan survei dan pengumpulan data. Juga melaporkan tim yang bekerja di lokasi bencana bencana sudah termasuk Tim Tanggap Darurat Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Risiko Geologi (PVG).

Seharusnya tidak terpengaruh isu-isu masyarakat yang tidak bertanggung jawab, tetap tenang dan waspada terhadap terjadinya gempa susulan yang terjadi dengan energi yang lebih kecil dari gempa utama.
baca lebih lanjut clik://www.esdm.go.id/berita/geologi/42-geologi/2794-gempabumi-yang-mengguncang-tasikmalaya-tidak-menyebabkan-tsunami.html

No comments:

Post a Comment